IMG-5833
picture taken by @motulz

Malam mulai terasa dingin, sambil merapatkan jaket, gw beserta rombongan berjalan menuju ke area pertunjukan yang letaknya hanya selemparan batu jauhnya dari restoran tempat kami makan malam.

malam ini kami dijadwalkan untuk menyaksikan live performance “Impression Da Hong Pao, Big Red Robe”. Jujur aja gw tidak punya ekspektasi akan tontonan ini, yg kebayang gw akan ngantuk menikmati tonil tradisional dengan musik dan bahasa yang gw nggak ngerti sama sekali.

Kisah ini diangkat dari legenda kota Wuyishan, yaitu Teh Da Hong Pao. Dikisahkan pada jaman dinasty Ming, Ibunda Kaisar sakit keras, kemudian sembuh setelah meminum teh Da Hong Pao, yang tumbuh dipegunungan Wuyi. Kaisar lalu menghadiahkan Jubah Merah kepada si pembawa teh, akan tetapi karena hormatnya pada pohon teh itu, kemudian dihadiahkannya kepada si pohon teh. Kisah tentang kemahsyuran teh Da Hong Pao ini akan gw tulis terpisah.

Setelah mengantri dalam hiruk pikuk ribuan ( yes! gw yakin malam itu ada lebih dari 1000 orang yang juga akan menonton pertunjukan ini) kami masuk dalam kawasan theater terbuka yang luas. Langit malam tampak semakin pekat. Kami pun menuju area tempat nomor kursi kami yang tertera ditiket dengan arahan dari mbak-mbak yang bertugas

Pertunjukan ini dimulai tepat waktu, diawali dengan munculnya sang narator / pencerita yang akan mengisahkan lakon Impression Da Hong Pao, Big Red Robe. Begitu musik mulai terdengar mengalun, tampak puluhan penari menarikan “tari teh” dengan kostum yang cantik. berputar dan menari dengan membawa “tampah” berukuran besar, mereka bergerak dengan indahnya mengikuti iringan musik. sampai disini gw masih biasa aja, lalu kemudian, gw dibuat takjub dan norak saking kagum dan terpana ketika kursi yang gw duduki bergerak memutar perlahan hingga 360 derajat mengikuti set panggung yang dibuat mengelilingi panggung tempat kami duduk. IYA, PANGGUNG TEMPAT KURSI GW YANG MUTER :))  gokil deh kerennya… gw nggak jadi ngantuk sodara-sodara!!! :))

saking takjub dan banyakan ndlongopnya, gw nggak banyak ambil foto, berikut beberapa foto yang sempet ke captured.

 

Pertunjukan ini disutradari oleh Zang Yimou,  dengan melibatkan lebih dari 200 orang penampil. Mereka tampil tiap malam, kalau penontonnya rame banget, dibuat 2 kali show. GELO!! keren abiessss!!!

Memanfaatkan kondisi alam sekitar (sebagian pegunungan wuyi, aliran sungai Jiuqu, hutan disekitarnya), dipadukan dengan tata lampu, koreografi, kostum serta proyektor / video mapping, membuat pertunjukan ini begitu spektakular!! gw harus menjura kepada tuan Yimou dan seluruh penampil atas tontonan yang diluar ekspektasi gw ini. bener-bener mind blowing! Penonton dibuat terpana dengan tontonan yang teaterikal dan kolosal ini. Kami sangat menikmati dan bisa mengikuti kisah pertunjukan ini walaupun tidak mengerti bahasa yang digunakan, Semoga kedepannya ada subtitle bahasa Inggris untuk penonton yang bukan warga lokal.

Kalian yang penasaran kayak apa pertunjukan ini, bisa search di youtube dengan keyword “dahongpao zang yimou” atau bisa ngintip channel youtubenya kang motulz ini.

 

next, Jiuqu River, Bamboo Rafting adventure ….