having tight traveling schedule and only have 2 days in Xiamen City? herewith 6 (six) places you must visit while in Xiamen.

1. GULANGYU / KULANGSU ISLAND 

IMG-6079
view from Suzhuang Garden

Pulau ini ditetapkan khusus untuk pejalan kaki. Nggak hanya mobil, bahkan sepeda pun dilarang disini. Hanya kendaraan pemerintah dan mobil bertenaga baterai untuk turis yang diijinkan disini.

Berpenduduk hanya 20.000 jiwa, pulau ini ramai dikunjungi oleh turis lokal dan non lokal. Jadi, jika ingin mendapatkan suasana santai, disarankan untuk berkunjung kesana tidak pada saat weekend.

Pulau Gulangyu juga terkenal sebagai Pulau Piano. Ada lebih dari 200 piano di pulau ini. Disini juga terdapat musium piano yang mengkoleksi dan merawat piano-piano antik yang cantik.

Selain itu, ada juga Shuzuang Garden, sebuah taman cantik yang dibangun sejak tahun 1913, oleh seorang pengusaha kaya raya yang kangen dengan suasana kampung halamannya. Di taman ini kamu bisa menyusuri bukit batu yang memiliki gua dengan 12 simbol shio kelahiran menurut astrologi china. Cari shiomu disana! 😀

Selayaknya tempat wisata, jajan disana tentu saja nggak terlalu murah, ada baiknya bawa bekel cemilan, selain nyobain jajanan disana. Oh ya, oleh-oleh favorite disini selain olahan makanan laut adalah berbagai macam asesoris dari mutiara, mulai dari yang murah sampai yang mahal juga ada.

ada apalagi di Gulangyu ? ada patung Koxinga yang gagah berdiri menghadap pulau Xiamen. Siapa itu Koxinga? baca di sini 😀

Kamu juga bisa jalan-jalan ke Batu Sinar Matahari / Sunlight Rock/ Gunung Lit Kong Giam yang merupakan tempat tertinggi disana. Juga underwaterworld dan beberapa tempat menarik lainnya.

 

 

 

IMG-6081

IMG-6078
Mount Lit Kong Giam , the highest place in Gulangyu
Gulangyu_Island_1
Statue of Koxinga – pic courtesy of Don Ramey Logan

Take your time… and enjoy walking around the island 😀

klik di sini untuk info lebih banyak tentang Pulau Gulangyu

 

 2.TAN KAH KEE MEMORIAL PARK

IMG_6011

Terletak di kawasan Jimei, yang berada di area Xiamen daratan, kita harus melewati jembatan antar pulau pertama yang dibangun di China. Tan Kah Kee adalah seorang philantropist sejati dan tokoh yang sangat dihormati karena kepeduliannya dalam pembangunan ekonomi dan pendidikan khususnya di Xiamen. Disini kita bisa mengunjungi komplek makamnya yang megah juga bisa menelusuri kisahnya yang mengagumkan lewat rekam jejak di museumnya..

IMG_5995.JPG

Sebagai seorang pemimpin komunitas pengusaha pada masanya, bentangan sayap bisnisnya merambah hingga ke asia tenggara. Disini gw mulai ambil kesimpulan sendiri, mengapa kota xiamen yang cantik ini berasa mirip dengan Singapore, ya karena Pak Tan ini juga sampe kesana membangun kerajaan bisnisnya. .

 

Berada di teluk, komplek makam Pak Tan Kah Kee ini merupakan taman berbentuk kura-kura, makanya disebut juga taman kura kura. Suasana disini sangat menyenangkan, kami berkunjung siang menjelang sore. Terlihat banyak pengunjung yang mendoakan beliau disini. Rest In Peace pak Tan…thank you!

3. NANPUTUO / SOUTH PUTUO TEMPLE

IMG-6138

Kuil Nanputuo / South Putuo Temple yang sudah berusia lebih dari 1000 tahun ini letaknya tak jauh dari University of Xiamen yang terkenal itu. Sempat rusak parah pada jaman revolusi budaya, kuil ini direstorasi kembali dengan indahnya. Kompleks kuil ini juga menjadi salah satu tujuan wisata yang popular di Xiamen.

Kuil ini juga menjadi salah satu pusat pendidikan untuk para calon bhiksu/bhiksuni. Didalam komplek kuil ini juga terdapat ruang khusus untuk pemujaan Dewi Kwan In.

IMG-6139

IMG_6163
Kuil Dewi Kwan Im

IMG-6162

IMG-6160
“BUDHA”
IMG_6151
detill ornamen di bagian pintu/jendela kuil

 

4. BAILUZHOU PARK / TAMAN DEWI BANGAU PUTIH

IMG_E6261

Terletak di teluk cantik yang dikelilingin pemandangan gedung-gedung modern kota Xiamen, Bailuzhou Park juga menjadi salah satu icon kota Xiamen. Taman kota yang luas, hijau ini juga menjadi tempat yang sangat nyaman untuk sekedar duduk-duduk santai menikmati pemandangan atau berjalan santai mengelilingi taman luas yang tenang ini. Enaknya kesana pagi atau sore sekalian untuk menikmati sunset 😀

IMG_E6270

 

IMG_E5631

 

5.ZHONGSAN ROAD WALKING STREET

IMG_6036

Jalan panjang ini dibuat khusus untuk para pejalan kaki. bahkan sepeda listrik pun dilarang disini, keren kan! kiri kanannya dipenuhi berbagai macam toko, mulai dari toko souvenir dan makanan khas Xiamen, butik-butik branded, Dept Store, aneka jajanan yang bikin laper terus :))

Gw sempet kesana malam hari dan sore hari, suasananya beda dan tetap mengasyikan..serulah disini, yg seneng belanja bisa belanja..yg seneng photografi banyak object bagus, yang seneng duduk ngopi sambil menikmati suasana kayak gw juga banyak tempat ngopi lucuk…komplit lah!

IMG-9932
berasa di catwalk yekaan hahaha!

Kalo kesana pas sore-sore, kalian juga bisa ngopi-ngopi lucuk di cafe-cafe cantik yang banyak tersedia disana, tinggal masuk aja ke jalan2 kecil di sepanjang Zhongsan Road Street…laaaffftt banget deh suasananya…

 

 

6. ZENG CUO AN VILLAGE

Zeng Cuo An ini dulunya adalah kampung nelayan, lalu kemudian berubah menjadi salah satu icon wisata yang banyak dikunjungi turis, baik lokal maupun international. Di sepanjang Zeng Cuo An ini banyak banget yang jual makanan yang sangat menggoda

Kesini enaknya malam hari, selain jajan-jajan aneka makanan yang asik ada juga bar-bar kecil buat mimik-mimik lucu sambil menikmati musik.

IMG-6179IMG-6619IMG-6217IMG-6620IMG-6622

foto-foto ini sebagian adalah courtesy temen-temen #XiamenFamTrip 😀

 

So, siap keliling-keliling kota Xiamen?  tunggu postingan selanjutnya tentang gimana kesana dan nginep dimana 😀 …